jump to navigation

Panembahan Ageng Sunan Tembayat Adalah Leluhur Kyai Raden Moh. Kasiman Oktober 21, 2008

Posted by krmkasiman in silsilah.
Tags:
trackback

Leluhur Kyai Raden Moh Kasiman adalah Panembahan Ageng Sunan Tembayat sebagaimana tertera pada catatan silsilah pokok keluarga besar Kyai Raden Moh. Kasiman.

Panembahan Ageng Sunan Tembayat yang juga mempunyai gelar Kyai Pandanaran mempunyai putra Adipati Semarang, Pangeran Sumendi yang bertempat di Pasuruan, Pangeran Ragil Sumendi yang bertempat di Wonokerto Ponorogo, Nyai Ageng Nglilir dan Nyai Ageng Bojong. Di antara putra-putri Sunan Tembayat tersebut, Pangeran Ragil Sumendi yang bertempat di Wonorejo Ponorogo mempunyai putra Raden Wongso yang beristeri dua dan masing-masing mempunyai keturunan. Tidak diketahui atau tidak ada catatan berapa saudara Raden Wongso, apakah beliau putra tunggal atau mempunyai saudara.

Dengan isteri pertama, Raden Wongso dikaruniai dua orang putra yaitu Kyai Raden Surang dan Kyai Raden Moeridi. Sedangkan dari isteri kedua Raden Wongso juga dikaruniai dua orang putra yaitu Kyai Raden Bujut dan Kyai Raden Nojo. Tidak ada catatan putra dari Kyai Raden Surang, namun Kyai Raden Moeridi mempunyai lima orang putra-putri yaitu Moersidin, Nyai Sjahid, Mofid, Kyai Palimoedin dan Kyai Masloem. Sementara itu Kyai Raden Bujut dikaruniai empat orang putra-putri yaitu Kyai Nglarangan, Nyi Witono, Kyai Oemar dan Kyai Moehammad. Dan yang menjadi leluhur Kyai Raden Moh. Kasiman adalah Kyai Raden Nojo. Kyai Raden Nojo mempunyai dua orang putra-putri yaitu Singonojo dan Nyai Putu.

Singonojo adalah buyut dari Kyai Raden Moh. Kasiman dimana Singonojo mempunyai tiga orang putra yaitu Raden Donopoero, Raden Abdul Ghani dan Nyai Donomijah. Tidak ada catatan putra-putri Raden Abdul Ghani dan Nyai Donomijah. Sedangkan Raden Donopoero mempunyai delapan orang putra-putri yang salah satunya menjadi orang tua Kyai Raden Moh. Kasiman.

Raden Donopoero mempunyai putra-putri yaitu Zainal Abidin yang kemudian bertempat di Gading Ponorogo, Abdul Rachman yang kemudian bertempat di Durenan Magetan, Kyai Raden Witono yang kemudian bertempat di Kalangbret Tulung Agung, Kyai Ta’lim yang kemudian menjadi penghulu di Srengat, Nyai Noersijah yang kemudian bertempat di Tegalsari Ponorogo, Nyai Mahil yang kemudian bertempat di Joresan Ponorogo, Nyai Basjariman yang kemudian bertempat di Ponorogo dan Nyai Mardiah yang juga bertempat di Ponorogo.

Kyai Ta’lim yang menjadi penghulu di Srengat menikah dan berputra Raden Moh Kasiman dan Moh Jahja. Raden Moh Kasiman akhirnya mengikuti jejak ayahnya menjadi penghulu di Srengat dan memperoleh gelar Kyai, serta pada akhirnya menjadi penghulu pertama di Blitar.

About these ads

Komentar»

1. riza - Februari 12, 2009

saya ingin bertanya, menurut silsilah yang dimiliki Panembahan Ageng Sunan Tembayat silsilah diatasnya siapa saja ya? apakah ada hubungan dengan sultan demak ? _terimakasih

2. jhai - Maret 4, 2009

kalo bileh tau, leluhur dari sunan tembayat sendiri siapa ya…

krmkasiman - Maret 23, 2009

Dari informasi keluarga saya, saya tidak memperoleh atau belum memperoleh informasi tersebut. Mungkin ada di antara pembaca atau blogger lain yang tahu kita bisa sharing informasi untuk itu.

krmkasiman - Maret 23, 2009

Mungkin saja, tapi berdasarkan informasi keluarga saya tidak/belum memperoleh infromasi itu.

3. Dion - April 29, 2009

ada berapa yang bergelar sunan tembayat ato pandanarang, leluhur saya pernah bilang kalo ada keturunan beliau yang di kediri jawa timur tepatnya di gampeng rejo dusunnya ngebrak

krmkasiman - Mei 26, 2009

terima kasih informasinya. bila ada hubungan keluarga mungkin bapak juga bisa melihat gambar silsilah (anda bisa klik di silsilah pokok keluarga krm kasiman) untuk mengetahui dari keluarga yang mana. kami juga akan mengkaji berdasar sesepuh yang masih ada dan beberapa catatan untuk melihat kemungkinan yang bapak sampaikan juga berhubungan dengan keluarga kami..atau barangkali keluarga bapak mempunyai catatan keluarga bisa bertemu dengan kami. terima kasih

4. lukman hakim - Juni 8, 2009

ayah saya bersilsilah raden, yang berdomisili di Ponorogo, kecamatan jetis, desa karanggebang, mungkin tegalsari yang dimaksud ada relasi dengn nyai noersijah. menurut pengakuan salah satu saudara memang ada kaitannya dengan silsilah pandanarang. saya tertarik untuk meriset sejarah keluarga saya…tq 4 blog nya..

5. Lukman Hakim - Juni 10, 2009

ass, saya tertarik untuk menelusuri sislsilah hal tersebut, karena menurut pengakuan salah satu saudara saya yang di ponorogo masih ada hubungannya dengan hal tersebut saya ingin tahu banyak tentang hal tersebut, merasa terhrmat bilamana info ini bisa dishare lebih mendalam. trim

email : lord.gte@gmail.com

krmkasiman - Juni 17, 2009

Terima kasih kembali pak Luqman Hakim. Saya sangat senang ada pengunjung yang mendpatkan informasi ini. Memang tujuan saya adalah memperluas tali persaudaraan terutama pada jalur-jalur keluarga KRM Kasiman. Kebetulan ayah saya saat ini adalah ketua yayasan krm kasiman. Saya menawarkan untuk membuatkan blog ini dengan segala informasi yang diperlukan dan saya punya, agar dapat juga dibaca oleh siapa saja, dengan harapan ada keluarga lain yang tidak pernah bertemu dapat dijalin persaudaraan. Saya juga sangat senang dengan berita tersebut. Silahkan kontak melalui yayasan krm kasiman, mumpung beliau beliau yang sepuh masih ada. Kami yg muda-muda banyak tidak tahu banyak. Mudah-mudahan, keluarga anda juga bagian dari keluarga besar kami. Terima kasih..

krmkasiman - Juni 17, 2009

Terima kasih pak Luqman. Saya saat ini berada di Surabay, sementara berkas atau naskah-naskah kuno tersimpan di yayasan Kasiman di Blitar. Saya sudah kontak dg ayah saya (kebetulan ketua Yayasan Kasiman) yg berada di Blitar. Bilamana berkenan bapak bisa berhubungan langsung dengan beliau atau para pini sepuh yang masih ada di sana untuk bisa menjelaskan lebih dalam tentang keterkaitan keluarga kita. Saya berharap ini adalah jalan bagi keluarga bapak dan keluarga besar kami bisa bertemu kembali, setelah terpisah dari cabang keluarga yang jauh…

6. noest - Juli 25, 2009

silsilah dari sunan tembayat kok belum di muat?

7. yusya - Agustus 2, 2009

mohon info, saya di kediri orang tua pernah memberitahu kalau leluhur dari mbayat kakek buyut saya namanya Mangun endok, saudaranya ada yg bernama Eyang Kompol, Joyo Prawiro,mereka katanya ortu pelarian saat perang diponegoro dari mbayat lari ke tegalsari ponorogo, kemudian ke kediri,

8. Leksono Budi Santoso - Agustus 14, 2009

Saya baru tahu kalo asal usul bapak saya dari blitar yaitu dari Mucksan (Kakek) karena saya baru tahu hal tersebuk kurang lebih tahun 2001 sejak saya sering sowan ke Sulkan (Pak de) dan bersaan itu pula saya tahu klo saya mempunyai lima kakak dari Bapak Sulkan Yang saya ingin tahu apakah poto-poto Mbah kakung, Putri, Bapak saya M. Soim ada?

krmkasiman - September 2, 2009

@Leksono BS : Sumber data yang ada pada saya masih terbatas. Kalau ada keluarga-keluarga yang belum tercantum (masih sangat banyak) mohon bisa kontak atau kumpul2 saat ada reuni keluarga besar khususnya Kyai Raden Moh. Kasiman. Dari sana kita mencoba mengumpul segala informasi untuk membantu satu dan yang lain mengenal keluarga dan asal-usulnya

9. wahyudi pratama suta - September 17, 2009

alhamdulillah, eyang mbayat sampun sampurna nunggal dumateng alam kang langkung becik lan suci………………..

10. Achmad Murtadho - Oktober 4, 2009

Yth Bp. Krmkasiman
Perkenalkan nama saya Achmad Murtadho. Saya adalah bagian dari Silsilah keluarga yang bapak buat dari keturunan Moh. Jahya Tegal Sari – Ponorogo. Sayang dalam silsilah itu tidak saya temukan nama-nama keturunannya. Sayapun sebenarnya mendapat kiriman dari bulek coretan Silsilah dari Ki Ageng Pandanaran sampai keturunan Tegalsari.. Sayang karena tulisan tangan maka saya sangat bingung mengikutinya. Karena itu saya berniat memfoto copy kompilasi coretan2 itu untuk menjadi bahan masukan bagi bapak. Alamat email kami cantumkan bersama dengan pesan ini. Terima kasih.

11. Achmad Murtadho - Oktober 4, 2009

Selanjutnya perkenankan saya memberikan data diri saya secara singkat. Saya adalah seorang programmer komputer. Setelah sukses membuat program komputer Silsilah Keluarga dari pihak Ibu yang hasilnya lebih enak di ikuti, dicari, diedit dan dicetak dengan program Visual Basic dan dapat memuat ribuan nama dan foto serta keterangan alamat lengkapnya… begitu juga tahan lama; sekarang ada desakan untuk mengkompilasi Silsilah Keluarga dari pihak alm ayah saya – yang terkait juga dengan Silsilah Keturunan keluarga Ki Ageng Pandanaran. Demikian kurang lebihnya mohon dimaklumi adanya.

krmkasiman - Oktober 5, 2009

Subhanallah, alhamdulillah. Terima kasih anda sudah memberikan respon. Memang ini adalah salah satu tujuan ketika saya sampaikan pada ayah saya saat itu. Sayangnya kebisaan saya ya buat blog saja. Namun saya berharap bahwa informasi ini dapat diambil oleh siapa saja termasuk anggota keluarga yang tidak atau belum bisa terdata. Saya sangat berterima kasih dengan informasi ini, namun sayang saya juga tidak mempunyai banyak informasi. Karena saya juga baru tertarik dg kegiatan yayasaan kasiman baru beberapa tahun terakhir. Karena ternyata sudah banyak para pinisepuh kita yang tiada dan saya merasa hal itu berbahaya dari keberlanjutan informasi (setidaknya saya, karena saya juga hampir tidak tahu apa-apa tenatng keluarga ini), selain kegiatan keluarga ya “begitu-begitu saja”. Saat ini saya di Surabaya, sumber informasi ada di Blitar. Bila pak Achmad Murtadho berkenan bisa menghubungi ayah saya Drh. Mas Tranggono di 0342-805604 untuk memperoleh informasi lebih banyak , (mohon maaf ayah saya gaptek, jadi tidak bisa menggunakan fasilitas informasi modern termasuk email, sms saja beliau kesulitan). Ada kemungkinan juga ayah saya mempunyai keterbatasan informasi juga namun barangkali nanti bisa dicarikan jalan keluar dengan berhubungan dengan anggota keluarga yang lain yang mengerti banyak tentang silsilah keluarga ini atau mencari-cari naskah lama yang “mudah-mudahan” masih tersimpan dan tidak rusak di pengulon. Kalau pak Achmad Murtadho berkenan bisa juga program yang bapak rancang digunakan sebagai sumber informasi (administrasi) silsilah di pengulon. Sekali lagi terima kasih responnya

12. krmkasiman - Oktober 5, 2009

Saya juga sedang menyiapkan alur silsilah yang lebih lengkap dari keluarga ini, namun informasi yang saya pegang dari generasi setelah krm kasiman. Mungkin juga bisa saya bantu dari sepupu saya yang akhirnya menikah dengan orang Ponorogo, barangkali bisa membantu melacak informasi keluarga dari cabang generasi sebelum krm kasiman

13. Misbah - Desember 24, 2009

Maaf ada yg bs bntu silsilah lengkap dr sunan tembayat, aq dr ktrunan kyai witono tulungagung tptnya kakek adalah buyut dr mbh witono

14. PUTRA KEDIRI - Desember 26, 2009

Ass..
Mohon info!keluarga kami punya tradisi yaitu kethok kuncung,yang kata eyang bersal dr Sunan tembayat/Kiyai Pandanaran,tradisi tersebut sifatnya patrilineal(garis keturunan laki2),sedangkan untuk anak perempuan sudah berhenti di anak perempuan tersebut untuk anaknya sdh tidak,sedangkan keturunan lelaki berlanjut ke keturunan selanjutnya!Kata eyang dulu(zaman penjajahan) kalo eyang n kakek buyut nyekar ke Mbayat pasti ada sambutan dr pihak pengurus makam,n boleh nyekar masuk pe ke dalam makam,padahal konon kalo bukan keturunan Sunan Bayat yang nyekar,pasti akan meninggal kalo nyekar pe berhadap-hadapan nisan!Yang saya tanyakan apakah ketrangan2 saya td ada kasamaan dengan keluarga anda?

krmkasiman - Desember 28, 2009

Alaikumsalam wr. wb.
Keterangan anda cukup menarik pak PUTRA. Seingat saya di keluarga kami tidak ada kethok kuncung (atau mungkin ingatan saya yang tidak beres). Saya dari keturunan (generasi ke-6) dari KRM Kasiman. KRM Kasiman sendiri kira-kira generasi ke-7 dari Sunan Tembayat. Sedangkan saya dari jalur perempuan (eyang saya). Jadi kalau dirunut, saya adalah keturunan dari KRM Kasiman, Kasan Sjuhada, Moersidah, Moethohiroh, Moesrikah, Mas Tranggono, saya. Moersidah menikah dengan sepupunya yaitu Abdurrahman putra Imam Moestari. Mulai kapan tradisi kethok kuncung tidak ada di keluarga saya (kalau itu ada), saya juga belum tahu.
Sedangkan saya baru tertarik terlibat dalam organisasi keluarga ini juga beberapa tahun belakangan, sehingga pengetahuan saya tentang keluarga besar ini juga masih terbatas…Sayangnya banyak pinisepuh di keluarga kami sudah tiada, sehingga untuk mencari/menggali kembali data-data (keterangan) kuno sudah sulit diperoleh (beberapa mungkin ada di catatan yang tersimpan di Pengulon). Hal ini termasuk alasan saya menawarkan membuatkan blog keluarga ini pada ayah saya, yang kebetulan sekarang dipercaya sebagai ketua Yayasan KRM Kasiman. Untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya, menyambung silaturrahmi dari cabang keluarga lain yang terserak. Bila berkenan bisa menghubungi tetua kami yang menjadi pengurus Yayasan, bisa menghubungi melalui telepon yayasan KRM Kasiman. Saya sendiri berada di Surabaya.
Terima kasih sudah kontak….

krmkasiman - Desember 28, 2009

Maaf pak Misbah, saya tidak bisa membantu…Ada yang bisa membantu pak Misbah?
Kami sarankan, pak Misbah bisa silaturrahmi ke pengulon, letaknya persis di sebelah utara bangunan Masjid Jami’ (Agung) Kota Blitar. Bila perlu kontak dulu via telepon melalui telepon Yayasan KRM Kasiman. Mudah-mudahan bisa sambung informasi…

15. PUTRA KEDIRI - Desember 29, 2009

Sebenarnya alat2 kuno(zaman mataraman) untuk tradisi kethok kuncung tersebut masih ada,tp karena sudah jatuh ke tangan pihak keluarga/keturunan perempuan yg sudah tidak lg wajib melaksanakan tradisi tsb,jd untuk meminta alat2 tsb jd sungkan!Eyang sendiri ketika saya pgn tau alat2 tsb jg disarankan untuk mengurungkan niat saya tsb(meski sekedar tau),krn gak enak ma saudara
Keterangan lain dari eyang bahwa ciri anak turun dari sunan bayat terdahulu rambutnya biasanya digelung/diikat kecil(meskipun laki-laki).
Keterangan lain dari pinisepuh desa(kyai yg begitu dkat hubgannya dgn keluarga saya) bahwa sesepuh saya ada yg dimakamkan di komplek pemakaman Setono Gedong(makam mbah Wasil),beliau bernama Pangeran Sumende yg konon jg keturunan Sunan Mbayat

16. Achmad Murtadho - Desember 29, 2009

Terima kasih bapak Ky Kasiman atas kiriman email sebagai tembusan dari Blog ini. Kami menghargai tradisi Kethok Kuncung tersebut. Karena itu, tidak menjadi masalah bagi kami untuk melanjutkan penelusuran kami tersebut mengingat saat ini sudah mulai terkumpul beberapa dokumen dari keluarga-keluarga Trenggalek dan Blitar. Terima kasih atas informasi nomor telepon tersebut tetapi untuk saat ini belum dapat kami laksanakan sebab dari kami sedang dalam pemasukan data untuk selanjutkan kami padukan dalam sebuah perangkat lunak. Kami sekali lagi terima kasih atas masukannnya.
Salam.

Achmad Murtadho

17. Achmad Murtadho - Desember 30, 2009

Yang terhormat Bp. Kasiman.
Dengan ini saya sampaikan bahwa kami telah mulai membuatkan silsilah keluarga menurut data yang kami miliki. Dan ini baru bersifat sementara. Mohon bila ada salah eja atau salah ketik untuk dimaklumi. Adapun silsilah tersebut saya letakkan di website saya http://www.manangroup.org – Pada menu SILSILAH yang terletak di bagian atas. Bila berkenan mohon – dalem kersaken mirsani. Kulo matur nuwun bilih wonten koreksi sangking panjenengan. Matur nuwun

Salam
A. Murtadho

krmkasiman - Desember 30, 2009

Assalamu’alaikum,
Saya sudah melihat hasil karya pak Murtadho di alamat tersebut. Saya sendiri tidak bisa membuat program sedemikian,jadi itu menarik sekali. Kalau saya bisanya ya hanya membuat halaman web yg biasa, sehingga pernah saya coba dengan data yang ada, halamannya sangat banyak. Karena tiap keluarga satu halaman.
Pada silsilah yang bapak buat, drop down menu tersebut apakah dihubungkan dengan halaman? atau hanya berupa drop down menu saja? Barangkali biar agak nyaman sub menu yang tidak aktif bisa langsung ditutup bila tidak ditunjuk, sehingga tidak overlapping dengan sub menu yang lain sehingga susah untuk dibaca. Atau bila mungkin diberi warna yang berbeda sehingga bisa membedakan mana yang aktif (di atas) dan yang tidak aktif (di bawah). BTW, program tersebut menarik bila bisa dibuat portable (offline) meski kalau mau buka pake browser (web-base).
Terima kasih pak Murtadho.

Wassalam

Nusdianto Triakoso
(admin krmkasiman.wordpress.com)

18. Achmad Murtadho - Desember 30, 2009

Kepada Yth. Bapak Nusdianto Triakoso

Terima kasih atas tanggapannya. Program ini tidak menggunakan halaman kecuali salah seorang keluarga ingin mulai dari urutannya sendiri baru dibuatkan page tersendiri. Mengenai permohonan bapak untuk dikirimkan htmlnya portable bisa saja kami kirimkan htmlnya untuk dilihat model kerjanya. Untuk itu mohon disampaikan kepada kami alamat email bapak.
Selanjutnya kami sedikit memberi masukan. Program silsilah yang dibuat di pdf bapak ternyata kelihatannya mengalami kerusakan jadi sebaiknya program pdf tersebut diupdate. Khawatir kalau ada anggota keluarga bapak ingin melihat pembesaran silsilah ternyata rusak, mohon dicek dengan cara diklik pada gambar silisilah tersebut kemudian di safe di PDF. Setelah itu mohon dibaca di PDF. Nanti akan terlihat pdfnya yang rusak. Mohon maaf atas masukan ini. Demikian

Salam
Achmad Murtadho

19. krmkasiman - Januari 4, 2010

Terima kasih pak Murtadho. alamat email saya triakoso@gmail.com. Untuk file PDF silsilah Karsiman coba saya cek lagi, sebab seingat saya hingga beberapa waktu lalu tidak ada masalah. Terima kasih tanggapannya.

Salam

20. krmkasiman - Januari 4, 2010

Rasanya memang ada kerusakan file PDF Silsilah karsiman ,karena saat didownload saja lamanya minta ampun. Mungkin saking banyaknya yang download file tersebut.
Terima kasih informasinya

21. black - Februari 16, 2010

trima kasih pak atas infonya

tp saya masih bingung knapa untuk silsilah ki ageng pandan arang selalu tidak disebutkan nama istrinya padahal itu sangatlah penting untuk pelajaran

trimakasih atas tanggapannya

krmkasiman - Februari 23, 2010

Betul. Saya juga tidak tahu alasannya. Saya hanya mengambil dan menyalin dari naskah-naskah kuno yang di dokumentasi kami.

22. M Aang Kh - Maret 20, 2010

ass.
nuwun sewu mau nanya dari sekian keturunan sunan tembayat yang nama asli kyai ubaidilllah yang mana ya pak! sekalian mau nanya bener ada gak keturunan ki ageng pandan aran yg bernama kyai ubaidillah punya anak namanya kyai khafidhullah,punya anak namanya kyai qowiyullah, punya anak namanya kyai abdul malik,punya anak kyai musa punya anaklagi namanya kyai abdul karim yang ada di jombang jawa timur. matur nuwun sanget bantuane bapak!

23. wawan - Maret 28, 2010

Yg disampaikan saudara Yusya spertinya tdk salah, sy punya silsilah dari be2rapa nama yg anda sebut. Mohon maaf tdk dipublikasikan & disebarluaskan, krn hnya utk kalangan sendiri.
Bisa hub sy di wawanyes@yahoo.com

24. wawan - Maret 28, 2010

pak yusya, nama org tua anda sapa? koq bisa tau klo pelarian saat prang Diponegoro?

25. wawan - Maret 28, 2010

Ass.Wr.Wb.
Kpd Yth. KRM Kasiman mungkin kita masih sodara…

26. wawan - Maret 29, 2010

@ Mas Riza: betul ada hub dengan sultan demak klo ditelusur dari jalur Kakung/ayah.

27. wawan - Maret 30, 2010

@ Bpk M Aang KH : nuwunsewu, dari data yg sy pnya tdk satupun yg memiliki nama asli sprti yg anda sebut. smuanya pake nama jawa, bahkan sodara sekandung eyang bayat tdk ada yg pake nama tsb.
Ga tau klo blio2 ganti nama. Wallohualam.
Nyuwun ngapunten menawi kulo lepat.
Suwun.

28. wawan - Maret 30, 2010

Bgs jg ada tradisi semacam itu. tapi setau sy tdk ada tradisi ketok kuncung di trah sunan mbayat. Alhamdulilah, sy dr garis laki2.
nyuwun ngapunten mnawi kulo lepat.

29. wawan - Maret 30, 2010

@ Mr. Black: nama remaja istri blio memang tdk diketahui. Bahkan di daerah asal istri blio tempat sekarg istrinya dimakamkan, tdk ada yg tau.
Mgkin krn kebiasaan sesepuh jaman dulu yg udah menikah lsg ganti nama pake nama suaminya. Harap maklum klo akhirnya terlupakan.

30. Adib Mahfud - April 20, 2010

Assalammualaikum Wr Wb.
Salam hangat bapak-ibu mbah, yang mungkin masih saudara saya
kenalkan nama saya Moh. Adib Mahfud
Menurut silsilah, saya adalah keturunan ke-13 dari sayid tembayat
Dulu saya dapat silsilahnya dari paman saya, tapi silsilah tersebut hilang,
saya pengen tahu silsilah sayid tembayad yang ada di daerah Blitar, tepatnya Kecamatan Wates Kabupaten Blitar
Bapak Saya, ke-12 Ahmad Thohari (alm)
Kakek/Nenek ke-11 Bapak Abdul Mukri & Siti Juwariyah
di atasnya saya tidak tahu
Mohon Informasinya,
Terimakasih
Wassalamualaikum, Wr Wb

31. ilham - Mei 10, 2010

nuwun sewu…klo boleh tau, garis keturunan/generasi ke 13 dan 14 apa ada?bisa sekalian dijelaskan?

krmkasiman - Mei 10, 2010

Insyaallah ada. namun belum saya modifikasi untuk bisa diupload. Mohon sabar…karena waktu saya tidak cukup banyak….

krmkasiman - Mei 10, 2010

Terima kasih, salam hangat juga. Coba nanti saya carikan file/naskah yang dimaksud. Mudah-mudahan ketemu dan segera saya informasikan melaluji blog ini.

32. wawan - Mei 11, 2010

paling gampang siih dr atas kebawah, klo dr bawah agak susah, coz kturunan byk bgt. Yg pgn tau maenlah ke klaten, slagi kami masih diberi umur pjg dan masih ada yg mengingat kami.
Trims

33. hendromasto - Mei 17, 2010

selamat pagi,

KRM Kasiman dan para kadang lainnya, saya tak sengaja menemukan blog ini. saya sedang menggali informasi seputar anak turun sunan Bayat di Jabalekat. Dari informasi warga di sekitar bukit Jabalekat, sunan Bayat memiliki keturunan yang tersebar. Salah satunya ada yang dimakamkan di daerah Jiwa (saya tak tahu tepatnya) dan kemudian menurunkan beberapa nama di pemakaman Konang (tak jauh dari Bayat, Klaten).

Informasi sunan Bayat memiliki kedarahan hingga Jawa Timur malah baru saya ketahui. Senang rasanya menemukan informasi tambahan dari blog ini.

Saya menyimpan sarasilah garis kedarahan sunan Bayat-pangeran Jiwa-panembahan Menanglangse (Konang)-dst. Sarasilah itu juga berisi data perkawinan antara keturunan sunan Bayat dengan garis Demak Bintara. Soal benar tidak, saya sendiri tak tahu.

Para kadang yang tertarik untuk bertukar informasi seputar kedarahan sunan Bayat dengan garis pangeran Jiwa, silahkan email saja ke saya agar informasi itu tak bercampur dan membuat bias blog ini.

KRM Kasiman, maturnuwun sanget untuk anda.

Salam,
hendromasto, kepatihan, solo.

krmkasiman - Mei 17, 2010

Alhamdulillah. Selamat datang pak hendromasto.
memang ini adalah salah satu keinginan saya, khususnya sebagai salah satu generasi KRM Kasiman untuk memperluas tali silaturrahmi, kterutama menyambung jalur silsilah keturunan KRM Kasiman baik kesamping, ke bawah maupun ke atas. Sehingga saat itu memang saya menawarkan untuk membuat blog keluarga ini untuk kepentingan keluarga yang lebih luas. kebetulan kebiasaan saya ya cuma buat blog, dan gratis…ya saya tawarkan dan saya buatkan.
Keprihatinan saya sebetulnya dari pertemuan terakhir banyak pini sepuh (yang menjadi sumber informasi) telah satu persatu meninggal dunia. sehingga saya kuatir tidak ada lagi sumber informasi yang bisa digali berkenaan dengan keluarga ini, baik kekerabatan dalam keluarga atau dengan keluarga lain.
telah beberapa kali pula sebetunya pini sepuh yang dari Blitar dan sekitarnya berkunjung ke leluhur, baik yang di Bayat dan Jogja.
Mudah-mudahan dengan ini saling terjalin informasi yang lebih intens.

Wassalam

Nusdianto Triakoso, Surabaya

34. wawan - Mei 17, 2010

email jenengan brp mas Hendromasto?
Suwun

35. hendromasto - Mei 17, 2010

selamat siang,

pak/mas nusdianto (maaf, saya tak tahu bagaimana harus ngaturi panjenengan), saya sangat suka dengan blog ini. paling tidak, informasi kedarahan jabalekat yang tersebar di jawa timur sudah terdokumentasikan dengan baik. perginya para pinisepuh memang sering jadi masalah bagi para keturunannya saat hendak ngluru jejak leluhur.

tapi, kalau melihat blog ini, sepertinya kedarahan Bayat di jawa timur sudah terdokumentasikan dengan baik. jika panjenengan masih ingin nambahi dan kesulitan, bisa menggunakan sumber dari kraton (jogja/solo). dua kraton itu memiliki catatan lumayan lengkap yg bisa jadi sumber pelacakan silsilah (ex: di sarasilah HB II, tercatat salah satu putrinya menikah dengan keturunan sunan Bayat bernama Sayid Ngabdani).

mas wawan, ini email saya, hendromasto@gmail.com.

salam,
hendromasto.

krmkasiman - Juni 11, 2010

@hendromasto : Terima kasih banyak atas informasi yang disampaikan. Memang inilah kelebihan website atau web log yaitu menjadi sumber informasi bagi siapa saja. Dan untuk tujuan inilah website atau weblog ini saya buat seperti pernah saya sampaikan pada ketua Yayasan KRM Kasiman, agar data tentang silsilah dan keluarga besar KRM Kasiman ini terdokumentasi dengan baik dan memudahkan bagi siapa saja yang ingin membaca atau mengakses informasi tersebut. Beberapa tahun belakangan memang sudah disinyalir banyak sekali para pinisepuh yang meninggal dunia dan tentu saja bila ada informasi yang beliau punya tentu juga ikut terkubur.
Untuk selanjutnya informasi ini akan saya sampaikan pada para pengurus Yayasan KRM Kasiman untuk menindaklanjuti.
Sekali lagi terima kasih

Salam,

Nusdianto Triakoso

36. Mohammad Zahrol bin Tauhiren - Juli 4, 2010

Assalammualaikum,

Saya dari Malaysia dan ingin mencari silsilah Raden Ngadi Wongso dari Pekalongan. Beliau adalah embah saya. Saya baru pulang dari Jogjakarta dan berjumpa dengan En. Happy Sulistiawan saudara saya di sana mengatakan saya adalah dari silsilah keturunan Sunan Kalijaga.

Nama Raden Ngadi Wongso ditukar semasa berada di Malaysia menjadi Abdul Manan bin Tayeb.

Harap dapat membantu saya mencari asal usul keluarga saya.

Terima kasih

37. Achmad Murtadho - Juli 7, 2010

Assalamualaikum wr. wb.

Salah sejahtera selalu.
Bagi seluruh keluarga besar keturunan Ki Pandanarang (secara keseluruhan) , dengan ini diberitahukan bahwa, sebagai bagian dari anak cucu keturunannya. Kami telah menyiapkan SILSILAHNYA (cukup lengkap) termasuk keturunan keluarga dari Bapak Krm. Kasiman.
Silahkan dilihat dengan mudah di http://www.manangroup.org di deretan menu sebelah atas.
Terima kasih
Salam
Achmad Murtadho

38. ROKHMAD - Juli 14, 2010

Asalamualaikum, Saya pernah diajak ziarah ke makam sunan tembayat ,disana sy juga berziarah di makam R.Mas sumendi wongsakusuma1(satu), cicit Hamengku Buwono 2 (dua),yg sy mau tanyakan apakah ada hubungan antara R.Mas sumendi wongsakusuma1 (satu) dengan sunan tembayat..?, kenapa kok dimakamkan diarea makam sunan tembayat, saya dari keturunan trah Hamengku Buwono 2 ,Sbelumya sy ucapkan banyak terimakasih..

39. gozali - Juli 14, 2010

Asalamualaikum, Saya pernah diajak ziarah ke makam sunan tembayat ,disana sy juga berziarah di makam R.Mas sumendi wongsakusuma1(satu), cicit Hamengku Buwono 2 (dua),yg sy mau tanyakan apakah ada hubungan antara R.Mas sumendi wongsakusuma1 (satu) dengan sunan tembayat..?, kenapa kok dimakamkan diarea makam sunan tembayat, saya dari keturunan trah Hamengku Buwono 2 ,Sbelumya sy ucapkan banyak terimakasih..

40. mukhlison - Agustus 23, 2010

assalamu’alaiukum wr. wb, mohon informasi tentang silsilah sunan tembayat yang lain, soalnya kami sudah 6 th ini mencari silsilah putra sunan tembayat yang, kami dari silsilah KH. Ngarip putra sunan tembayat dari pacitan

wasalam

41. heru suasanto - Oktober 2, 2010

assalamu’alaiukum wr,wb.mohon keterangan silsilah sunan tembayat.karena saya selalu disebut2 masih keturunan sunan bayat oleh sespuh desa saya.

42. krmkasiman - Oktober 4, 2010

@Mukhlison dan Heru Suasanto, mungkin bisa kontak dengan pak Hendromasto.

43. wawan - Oktober 21, 2010

Sudilah kiranya saudara2 yg serius pgn tau silsilah tsb mampir ke gubuk saya. Ada buku silsilah lengkap, dan surat pikukuh jg masih ada.
salam. wawan.

44. wawan - Oktober 21, 2010

To: Mas Hendromasto.
Mas, surat pikukuh dr Kraton Solo udh ktm. Ada titik terang,tinggal ngurus status saya. Hehe, Alhamdulilah. Kpn bisa ktm and ngobrol2 tentang ini.
Luar biasa..gak nyangka.. :-)

45. wawan - Oktober 21, 2010

Silsilah Keturunan Sunan Tembayat

Salah satu Peninggalan Sunan Tembayat (Sunan Padang Aran) adalah Masjid Golo, Masjid Golo adalah Masjid yang dibuat Sunan Padang Aran di atas gunung Jabakat.
Pada jaman dulu Sunan Padang Aran kalau mau Subuh azannya sampai di Demak, Rajanya R. Patah masih tidur merasa terganggu lalu Raja menyuruh prajuritnya untuk memperingatkan azan Ki Ageng Padang Aran terlalu malam dan Masjidnya disuruh menurunkan, tetapi sebelum utusan dari Demak sampai di Jabalkat, rupanya Ki Ageng sudah tahu dan malam itu Masjid disuruh menurunkan para Santrinya dengan cara diikat serbannya Ki Ageng padang Aran sampai kebawah.
Sekarang Masjid nama Golo yang artinya Go-1 dan Lo-7 angka jawa. Maksud Sunan Tembayat agar setiap manusia harus menjalankan Sholat sehari semalam berjumlah 17 rekaat.

SILSILAH SUNAN BAYAT (Kertabumi Brawijaya)

Sunan Bayat adalah Putra dari :
~ Rajasa Wardhana _bin
~ Dyah Kerta Wijaya
~ Dewi Suhita
~ Wikrama Wardhana
~ WIRABUMI

Putra Sunan Bayat :
1. Arya Damar
2. Retno Pembayun
3. R. Bathoro Katong
4. R. Bondan Kejawan

1. Arya Damar
2. Putra Retno Pembayun:
~ Kebo Kanigoro
~ R. Kebo Amiluhur
~ Ki Ag. Kebo Kenongo
dan putra Kebo Kenongo adalah Mas Karebet

3. Bathoro Katong mempunyai putra R. Patah. Sedangkan Putra R. Patah adl ;
~ Pati Unus
~ Sekar Seda lepen
~ R. Trenggono
~ Rt. Mas Nyowo
~ Sunan Lawu
Raden Trenggono sendiri mempunyai putra: “(Sunan Prawoto, Ratu Kalinyamat dan Ratu Mas Cempoko + Hadi Wijaya)”.
_Sedangkan Putra Sunan lawu adl (Ratu Alit + Ki Ag. Kebo Kenongo

4. Putra R. Bondan Kejawan ;
~ Ki Ag. Wonosobo
~ Ki Ag. Getas Pendhowo
~ Nyi Ag. Ngerang
dan putra Nyi Ag. Ngerang adl Ki Ag. Selo & Ki Ag. Ngerang

46. putra kediri - Oktober 31, 2010

bukannya raden patah putranya prabu brawijaya sama seorang putri cina?

47. wawan - November 4, 2010

meneketehe.. tu info dr internet bos, klo yg asli jelas disimpen lah yaw.. :-)
Bisna ada beberapa hal yg mragukan sich…nulis julukannnya aza salah. Bkn PANDANARAN tapi PADANGARAN.

48. Himawan - Februari 7, 2011

Saya punya nenek (alm)namanya mbah Mujatin dari Kedungwaru Tulungagung. Beliau dimakamkan di komplek Masjid di Kalangbret Tulungagung. Di areal pemakaman itu dimakamkan pula ayah beliau (yang katanya dulu seorang naib) beserta 2 orang istrinya. Disitu pula ada makam yang dikeramatkan yang katanya adalah makam Mbah Witono. Apakah Mbah Witono itu yang dimaksud dengan Kyai Raden Witono ketutunan Sunan Tembayat? Apa hubungannya dengan kakek buyut saya yang seorang Naib itu? Mohon infonya kalau ada yang tahu. Terima kasih.

49. zahrul arif - Februari 22, 2011

assalamu’alaikum wr wbr …
mungkin mayoritas yang tertarik di blog ini yang ada keturunanya dengan sunan mbayat …
entah itu bisa menemukan silsilahnya atau tidak ..
konon ada salah satu ciri2 keturunan sunan mbayat yaitu salah satu kukunya ada yang pecah kalau tidak pecah melancip permukaanya …
benar dan tidaknya di blog ini mungkin bisa terjawab …
wassalam dikidarmawan@yahoo.com

50. hamba allah - Maret 2, 2011

Saya punya garis silsilah dari sunan prawoto terus pangeran anom radya pandan trus pangeran pandanaran trus panembahan jiwa dan panembahan minang langse terus tumenggung setjonegoro dst… kebenarannya wallahualam. Hanya allah yang tahu dan saya nasehatkan untuk orang yang masih meminta berkah ke nenek moyang saya tersebut untuk segera bertaubat dan segera mempelajari ajaran Islam yang benar dan murni sesuai dengan pemahaman salaf yang sangat menjauhi kesyirikan. demikian harapan saya.

51. gufron al bantani - Maret 25, 2011

di artikel di atas kiyai abdul ghoni silsilah terputus… saya punya silsilah yg dan sekarang sy bukukan. sy termasuk cucu ya generasi yg ke 6.

yg bertempat di ponorogo jatim. dan mbah abdul ghoni mempunya 8 orang anak,,, dan anak cucunya skrang mencapai 750 orang….
081210030603

52. mustain - April 1, 2011

putrx sunan tembayat ada yang nmx k. hasan basyori ya………..

53. Iman widodo - April 5, 2011

Assalamu’alaikum. Perkenalkan.. Keluarga dan leluhur bapak saya dari Wonoketro Ponorogo. Sedangkan keluarga dari Ibu dari Joresan Ponorogo. Kebetulan saya akan melangsungkan pernikahan dg seorang gadis dr daerah dekat makam sunan Bayat. Suatu ketika keluarga dr Bapak mengatakan bhw: “kita sebenarnya berasal dari keturunan sunan Bayat nak, dulu sewaktu mbah masih sugeng, kita sering diundang reunian. Tp karna lama kelamaan mbah kita gk aktif, akhirnya tali silaturrahmi terputus. Coba sekarang km telusuri lg..”
berdasarkan pernyataan pak lik tsb, akhirnya saya browsing dan menemukan blog ini. Yg menarik bagi saya adalah; bhw diantara keturunan sunan bayat yg di ponorogo ada di desa wonoketro dan joresan (desa bapak dan ibu saya). Utk itu mohon kiranya saya diberitahu Siapa saja keturunan kanjeng sunan bayat yg masih sugeng sekarang, khususnya di desa Joresan dan wonoketro..? Selanjutnya, saya jg ingin mendapat informasi keturunan beliau yg tinggal di sekitar makam Bayat.
Matur nuwun atas informasinya.
Saya sangat berterima kasih seandainya panjenengan berkenan memberi informasi ke nomer ini: 085228912221
wassalamu’alaikum wr.wb

54. Triakoso - April 25, 2011

@Imam Widodo, sebelumnya mohon maaf mas Imam Widodo. Memang tujuan saya buat blog ini adalah untuk mengenalkan atau mempublikasi silsilah keluarga kami dengan harapan bisa dilengkapi kemudian. Bahwa ternyata banyak yang justru minta informasi, kami kewalahan. Sebab sumber informasi kami sudah banyak yang tiada. Silsilah pokok tersebut juga disusun oleh para pinisepuh kami, namun mereka semua sudah meninggalkan kami, sehinga sebetulnya detail-detail yang barangkali ada pada saat menyusun silsilah pokok tersebut juga terputus. Beberapa informasi lain yang masih ada sempat diselamatkan bapak saya, dalam bentuk kertas kuno yg sudah lusuh dan hampir tidak terbaca….
Namun kami berterima kasih mas Widodo menghubungi kami, kami berharap memang keluarga panjenengan masih satu jalur dengan keluarga kami di Blitar (KRM Kasiman yang merupakan keturunan Sunan Tembayat)….

55. Triakoso - April 25, 2011

@Zahrul Arif, benar tidaknya saya tidak tahu. Tapi yang jelas, saya tidak mempunyai ciri tersebut. Keluarga kami juga tidak mempunyai ciri tersebut..

56. wawan - April 27, 2011

@Zahrul Arif tdk sepenuhnya bnar.
@Imam Widodo : sy pernah sms ke anda kpn melangsungkan pernikahan, tapi syg tidak anda jawab. Pdhl sy mo knalin anda dgn keturunan Eyang Bayat yg Asli dan jelas silsilahnya..

57. wawan - April 27, 2011

Klo mau daftar silsilah lengkap beserta anak-anakya add facebook sy : wawan Lucky Chen

58. citra ayu puspitasari - April 29, 2011

Ass.saya senang sekali menemukan web ini. Berdasarkan cerita dr keluarga, saya msh keturunan sunan tembayat. Tp saya ga tau,soalnya ga ada silsilah keluarga. Klo tdk keberatan,mohon info silsilah keturunan sunan tembayat sampai 2011 ini.hee.. Klo pun benar saya masih ada keturunan ya alhamdulillah,klo tdk ya hanya sekedar pengen tau saja :)

59. Iman Widodo - April 29, 2011

Triakoso@ ohya mas… makasih atas balasan dan informasinya. saya minta izin utk mendownload daftar silsilah di blog ini utk saya tanyakan ke saudara2nya bapak. karena biar bagaimanapun, bukan sekedar ingin disebut sebagai keturunan sunan bayat, tp bagi saya’nemokne balung pisah’ adalah suatu anugrah yg sangat membahagiakan…

wawan@ Ohya? subhanalloh.. saya malah nggak tau e mas.. mungkn ngak masuk kalie. insya alloh, kalo da sms saya sllu balas dg senang hati kog…;-)
Rencana akhir tahun ini mas….

60. Triakoso - Mei 9, 2011

@Imam Widodo. Alhamdulillah. Memang begitu rencana semula saya mencoba membuat blog keluarga ini. Karena kebutuhan akan informasi, khususnya karena para pinisepuh sudah banyak yang meninggal dunia sehingga kuatir informasi-informasi yg beliau punya tidak. Namun sebetulnya yang saya harapkan adalah ada informasi yg masuk, tapi ini justru informasi yg keluar. Artinya justru saya dimintai informasi berkaitan dengan hal yang sudah saya unggah tersebut…
Namun demikian saya juga turut gembira bilamana ini menjadi media untuk mempertemukan kembali jalur silsilah yg sudah lama putus…

61. Triakoso - Mei 9, 2011

@Citra Ayu, silsilah yang mengarah pada keturunan Sunan Tembayat yang disini adalah yang kami punya, atau dari keluarga kami khususnya keturunan Kyai Raden Mohammad Kasiman. Dari jalur keturunan yang lain saya tidak tahu. Kalau Citra masih dari jalur keturunan KRM Kasiman insyaallah kami carikan. Karena kami dari keluarga KRM Kasiman sudah cukup lama mendata jalur silsilah kami….
Kalau Citra Ayu menanyakan silsilah yang mengarah ke Sunan Tembayat dari keluarga yang lain jelas kami tidak punya…
Demikian mudah-mudahan puas…
Wassalam

62. Erwin Yulianto - Juni 13, 2011

Asss.Jika memang benar yang di maksud salah satunya adalah Ki ageng witono, masjid tiban kambret kauman tulung agung maka panjenengan (krm kasiman) adalah keluarga kita. Saya adalah generasi ke 8 dari Ki Ageng Witono Via mbah hasn Asy’ari (Gembrang Serang)-hasan tari-…………sampai kpd ayah-saya.alamat email saya rwin_alhasanie@yahoo.com. kami pun berniat untuk menelusuri jejak keluarga, biar tidak kepaten obor, info balasannya saya tunggu. Wasss

63. M. Fahmi Kalis Winarto - Agustus 14, 2011

Alhamdulillah sy menemukan web ini… karena sy jg mempunyai daftar silsilah PANEMBAHAN AGENG SUNAN TEMBAYAT yang susunan keturunannya sama persis dengan urutan di atas…. hanya saja sy adalah keturunan dari Raden Witono Kalangbret Tulungagung… dgn silsilah R.WITONO @Kyai Ali Muntaha (Tulungagung) @Kyai Muhamad (Tulungagung) @Kyai Sya’ban (Tulungagung) @ Nyai Dodok (Blitar) @Nyai Radiyah (Kediri) @H. Saleh (Plaosan Kediri) @H. Imam Buchary (Malang) dan saya sendiri M. Fahmi Kalis Winarto (Malang) Telp. 0341-81.000.45 / 0858.5545.5545

64. imam bukhori - September 4, 2011

49. zahrul arif – Februari 22, 2011
..konon ada salah satu ciri2 keturunan sunan mbayat yaitu salah satu kukunya ada yang pecah kalau tidak pecah melancip permukaanya …
saya dari garis syeh basyarudin bolorejo tulungagung yg konon sepupuan dg mbah ageng witono kauman kalangbret namun sepupu benerannya saya belum tau. Saya punya garis kuku (kalo dilihat persis kayak kuku pecah) sedari kecil itu garis ikut bersama tumbuhnya kuku. jadi biar kukunya dipotong terus garisnya ya ada terus.
ngomong2, ati ati kalo pean nyari garis sunan bayat keatas, krn saya tahu nasab beliau pada siapa. jka anda tidak siap taubatan nasuha, bisa kualat..!!

65. imam bukhori - September 4, 2011

yang sy tau, dari saudara kandung saya tidak ada yg punya “kuku pecah” seperti garis kuku saya. seluruh sepupu dan mbah-de/mbah-lik berikut putra2nya juga tidak ada yang punya kuku pecah kayak gitu. wong sodara+sepupu saya banyak, emang yang dianggap keturunan cuma yang punya kuku pecah lha lainnya yang mbapaki siapa? (oops..^_^peace..)
sesama cucu temurun pas saya nemu blog ini adalah hari ke-5 lebaran, jadi buat semua keluarga se-kakek leluhur di sini saya mohon maaf lahir dan batin…

66. gufron - Oktober 1, 2011

untuk anak cucu RADEN ABDUL GHANI. sampe skrang saya ada buku keluarga. saya sendiri termasuk generasi ke 7,
kkatrok@yahoo.com/gufronalbantani@hotmail.com

karena dlm silsilah tsb di atas,, r abdul gnani silsilah kebawah putus, mudahn2n dng adanya blog ini bisa menymbung silaturhmi

67. ario ibrahim - Oktober 21, 2011

perkenalkan saya dari Trah Kesultanan Jogya, yg miturut cerita eyang2 saya, masih adat tautan/hub darah dgn Kj.Sn.Bayat….

68. retno ningsih - Oktober 29, 2011

Mas adakah hub keluarga anda dengan Keluarga trah Karso Kromo di Tulungagung…. tolong mungkin bisa dikonfirmasikan dengan sesepuh di keluarga panjenengan….kalau benar, Alhamdulillah….tambah dulur..:))

69. wawan - November 29, 2011

sdr Imam Bukhori yg terhormat, kualat tu bisa terjadi klo melakukan kesalahan thd leluhur…
Mencari silsilah bknlah suatu kesalahan, justru merupakan perwujudan rasa bakti dan hormat pd leluhur..
Sy mohon anda yg ngerti nasab jgn berlebihan dlm menghormati leluhur dan bisa mengarah ke pengkultusan..

usia anda masih muda kan..??

70. imam bukhori - Desember 3, 2011

ehh apa hubungannya dengan usia??

bapak bapak dan mas mas yang lebih tua dari saya… tanpa mengurangi rasa hormat pada kerabat yang lebih tua, saya hanya bermaksud menyampaikan bahwa sunan tembayat (jika sunan tembayat yang kita maksud adalah sunan tembayat yang sama) masih keturunan dari nabi agung Rosululloh,
bukannya mengKULTUSkan namun terlepas saya keturunan beliau atau bukan saya pribadi selaku muslim menghormati dan memuja nabi saya.
jika yang terhormat sekalian adalah keturunan beliau sepertinya sudah sewajarnya untuk bertaubat, silsilah adalah perwujudan rasa bakti dan hormat pada lelulur adalah benar @sdr wawan jadi jangan sampai setelah mengetahui silsilah malah hanya buat bangga-banggaan sementara diri masih berlaku korupsi dan dzalim pada sesama..
sementara silsilah bisa menjadi motivasi untuk bertaubat asal tidak sekedar untuk rasa bangga2an, maka semoga Alloh merahmati panjenengan sekalian dengan hidayah kemuliaan dan kesejahteraan atas usaha anda mencari silsilah dan memperbaiki diri karena pengetahuan silsilah tanpa perbaikan diri akan seolah “meremehkan” nama besar silsilah anda sendiri dan inilah yang bisa jadi akar kualat jika tidak segera dicabut…
maaf jika saya terlalu to the poin, mungkin karena masih muda dan butuh lebih banyak belajar tentang kesopanan dan terbiasa hidup di lingkungan rakyat jelata dan bukannya komunitas priyayi ningrat jadi mohon penuntun lebih lanjut dari para sesepuh di sini…terima kasih.

71. suparji - Desember 8, 2011

ass.wr.wb. yth. mas abdul jawad di unm aduh mas aku jadi bingung silsilah eyang sumendey yg ada di bantul itu? apa lewat kraton dar silsilah HB II atau bagaimana, ini aku dari trah sutorejo badegan tempat bersemayam mendiang eyang aku mohon jangan dipugar biarkan seperti aslinya biar ada kenengan nilai sejarahya, dan bisa dilacak lebih jauh silsilahnya.

72. wawan - Desember 19, 2011

klo ngomonging soal keturunan nabi, smua yg ada disini keturunan nabi mas..
sy tunggu utk berdialog ttg hal ini secara empat mata di gunung jabalkat
suwun.

73. Pardicukup - Desember 20, 2011

informasi yang cukup menarik untuk dikaji lebih dalam.
salam kenal.

nuwun.

74. imam bukhori - Desember 27, 2011

yo ndak semua orang turunan nabi Muhammad to pak, ada orang turunan paulus, ada orang turunan abu lahab. ada turunan abu jahal, ada turunan eskimo… turunan nabi adam sih iya, turunan nabi Muhammad tunjukkan akhlak yang baik lah

75. imam bukhori - Desember 27, 2011

kepada pemilik blog/pengurusnya, saya mohon tulisan komentar dari saya dihapus saja seluruhnya karena saya khawatir menimbulkan KESALAH-PAHAMAN PRINSIP..
kepada yang terlanjur membaca komentar2 saya , mohon saya dimaafkan..terima kasih.

76. wawan - Januari 6, 2012

sy blg keturunan NABI, berarti tdk hanya Nabi
Muhammad aza dik Imam..
Silahkan dibaca lg dgn teliti !

77. Abdulloh Hisyam - Januari 30, 2012

assalamu’alaikum saya pernah d critain oleh ayah saya, dari buyut saya bahwa saya keturunan sunan Bayat, tapi saya masih mencari silsilah2 nya smpai mbh Buyut saya, mohon d share kan keturunannya Sunan BAyat scra lgkap

78. Dion - Januari 30, 2012

Kepada M. Fahmi Kalis Winarto kebetulan saya dari kediri yang nenek saya pernah bilang kalo keluarga saya masih keturunan Kanjeng sunan Bayat, keluarga dari daerah gampengrejo dusunnya ngebrak, apa bisa di postingkan silsilahnya atau gimana caranya bisa hubungi bapak?

79. jati - Februari 20, 2012

assalamu alaikum wr wb
perkenalkan nama saya jati
menurut alm kakek dan alm bapak saya. kami juga keturunan dari sunan tembayat. tetapi silsilahnya seperti apa saya tidak tahu. karena menurut kakek buku silsilah itu tidak kembali ketika dulu dipinjam saudara.
dan dari yang saya tahu ada keturunan sunan tembayat yang sekarang tinggal di luar pulau jawa karena dulu leluhurnya mengikutri program transmigrasi (smoga info ini benar)
yang menjadi tujuan saya mencari tahu kebenaran ini adalah bahwa saudara yg di luar jawa itu mengalami penganiayaan di luar batas selama setahun terakhir ini. dan saya ingin memintakan bantuan doa kepada saudara2 sedarahnya agar memohonkan pertolongan kepada ALLAH.
lebih jelasnya sdr kita itu diguna guna tiada henti. disakiti berdarah darah, bisu tuli buta lumpuh silih berganti
mohon doanya untuk seorang yang bernama LIA cucu ki ageng pandanaran
trimakasih
wassalamu alaikum wr wb

80. dodie rudianto - Maret 5, 2012

Sunan Bayat@Ki Ag.Pandanarang II @Pg.Madepandan adalah putra Adipati Semarang I yaitu Pg.Pandanarang I @R.Husein, adapun R.Husein sblm diangkat menjadi Adipati Semarang I menjabat sebagai Adipati Terung @ Pancatanda Terung., R>husein adalah putra Ario Damar-Palembang dari isrti berkebangsaan Champa/China (?)……ada dua versi mengenai Ario Damar @ Joko Dillah; versi Jawa dan versi Arab., dlm versi Arab disebuitkan bhw Ario Damar @ Joko Dillah @ Maulana Abdullah putra dari Maulana Ali Nurul Alam bin Syaikh Jumadil Kubro…..Syaikh Jumadil Kubro adalah ayah dari Maulana Ibrahim Smorokandi….M aulana Ibrahim Smorokandi adalah ayah dari Sn. Ampel, Maulana Ishak dan Ali Murtadho……wallahualam

81. Himawan - Maret 8, 2012

62. Erwin Yulianto – Juni 13, 2011
Aslkm. Saya yang nulis di no.48. Umur saya sekarang 54 th. Saya tidak tahu apa hubungan antara alm. ibu, nenek & kakek buyut saya dengan Mbah Witono di komplek makam masjid tiban kauman kalangbret tulungagung. Yang jelas dulu waktu alm ibu saya masih hidup, setiap malam jumat beliau pasti buat bubur merah dan putih utk Mbah Witono. Tradisi itu sekarang sudah tidak kami teruskan lagi. Kalau panjenengan adlh generasi ke 8 dari Mbah Witono, jangan2 kita masih satu keluarga besar. Tidak ada maksud apa2 saya menulis ini kecuali sekedar ingin tahu. Semoga dengan sarana tulisan ini bisa menyambung tali silaturahmi, khususnya diatara keturunan Mbah Witono Kauman Kalangbret Tulungagung. Wass.

82. herminanto - April 4, 2012

ass.wr.wb. mohon maaf sebelumnya. kata orang yg memahami dan bisa membaca silsilah melalui pandangan supranatural bahwa saya masih ada keturunan sunan tembayat. sedangkan saya sendiri tdk tahu hal tsb. mhn masukan apakah hal tsb mungkin. perlu diketahui saya berasal dari magetan jawa timur. trimakasih. wass

83. arkamboyzz@yahoo.com - April 7, 2012

menurut saya sislilah ini sudah berbeda deng silsilah sunan bayat

tolong dkaji ulang ?

SILSILAH SUNAN BAYAT (Kertabumi Brawijaya)

Sunan Bayat adalah Putra dari :
~ Rajasa Wardhana _bin
~ Dyah Kerta Wijaya
~ Dewi Suhita
~ Wikrama Wardhana
~ WIRABUMI

Putra Sunan Bayat :
1. Arya Damar
2. Retno Pembayun
3. R. Bathoro Katong
4. R. Bondan Kejawan

1. Arya Damar
2. Putra Retno Pembayun:
~ Kebo Kanigoro
~ R. Kebo Amiluhur
~ Ki Ag. Kebo Kenongo
dan putra Kebo Kenongo adalah Mas Karebet

3. Bathoro Katong mempunyai putra R. Patah. Sedangkan Putra R. Patah adl ;
~ Pati Unus
~ Sekar Seda lepen
~ R. Trenggono
~ Rt. Mas Nyowo
~ Sunan Lawu
Raden Trenggono sendiri mempunyai putra: “(Sunan Prawoto, Ratu Kalinyamat dan Ratu Mas Cempoko + Hadi Wijaya)”.
_Sedangkan Putra Sunan lawu adl (Ratu Alit + Ki Ag. Kebo Kenongo

4. Putra R. Bondan Kejawan ;
~ Ki Ag. Wonosobo
~ Ki Ag. Getas Pendhowo
~ Nyi Ag. Ngerang
dan putra Nyi Ag. Ngerang adl Ki Ag. Selo & Ki Ag. Ngerang

84. arkamboyzz@yahoo.com - April 7, 2012

silisilah yag diajukan saudara wawan ini menurut saya snagn keliru krena itu jlur keturunan dari raja brawijaya dan disitu juga banyak slahnya

85. javalemuria - Mei 13, 2012

HATI-HATI dengan Wawan, ORANGNYA ANEH… Kalo bicara Kaya anak kecil alias mencla-mencle gak jelas/Sok tauuu… Pdhal gak tauuu…

86. mas bumi notosuwiryo - Juni 19, 2012

catatan silsilah trah snn bayat,byk mengalamidistorsi dgn data2 sejarah yg msh tertinggal (semisal:catatan ditepas darah kraton surakarta hadiningrat),pd periode sultan agung 1613_1645 terjadi geger pemberontakan pangeran bayat,nah mungkin ini yg menyebabkan semakin tdk jelasnya catatan trah bayat/di hilangkan/dihapus dari catatan dikraton???

87. imam - Juli 5, 2012

pak n sodara sodara qt 1 sodara saya keturunan ke 12 dari kyai abdul mursyad (setono landean kediri) ke atasnya sunan ampel
silsilah keluarga

Abdul Mursyad ( Setonolandean Kediri ) ; Satmoto (kyai Ngarobi)

I I
Basari ( Ageng Anom Besari ) + ny.Anom Besari

I
Abdul Rohman ( Khotib Anom Abdurrohman, Bolorejo Tulungagung)

I
Basyarudin ( Bolorejo Tulungagung )

I
Ambiyak ( Bolorejo Tulungagung )

I
Rodi ( Bolorejo Tulungagung )

I
Bustomi ( Bolorejo Tulungagung )

I
Manguntono ( Bolorejo Tulungagung )

I
Mangunsentono ( Bolorejo Tulungagung )

I
Karmilah + Ahmat Thohir ( Kauman Tulungagung )

I
Biseri + Katminin ( Kauman Tulungagung )

I
Siti Khodriyah + Sunarto ( Kauman Tulungagung ) ;

I
Imam Bukhori + Dian Sri Hertiningsih ( Kauman Tulungagung )
I
Radin Daiva Renata ( Kauman Tulungagung )

88. imam - Juli 5, 2012

mgk ada dari sodara sodara yang 1 garis keturunan dengan saya salam persodaraan rumah saya dkat makam syech basyaruddin bin Khotib Anom Abdurrohman, srigading Bolorejo Tulungagung )

89. mas bumi notosuwiryo - Juli 29, 2012

sejak masa panembahan Senopati,sultan agung dan jg amangkurat 1,seringkali terjadi komplik bersenjata/perang dgn anak2 trah sunan bayat di bayat klaten hingga memuncak dgn dihancurluluh lantakan keraton mataram dimasa amangkurat I (geger pemberontakan kajoran/bayat) oleh laskar pejuang yg dipimpin Pangeran trunojoyo dan Pangeran kajoran (R.kajoran ambalik/Panembahan Rama), kemudian apabila kemudian anak2 keturunan sunan bayat dan jg kajoran data/catatan silsilahnya sulit sekali didata/diungkap karena sejak kejadian besar tsb (pemberontakan trunojoyo) hampir semua anak keturunan sunan bayat&P kajoran bersembunyi dari incaran penjajah belanda (penguasa waktu itu) termasuk jg keberadaan catatan (manuskrip kuno) ttg garis keturunan/silsilah sengaja disembunyikan,mari bersama2 kita selidiki adakah catatan2 (manuskrip kuno) ada yg msh tertinggal?????? sy adalah keturunan ke 8 dari pangeran kajoran (1595 M_1679 M) yg “katanya” mungkin jg bagian dari anak keturunan sunan bayat??? (beliau membuat catatan thn 1670 M,cerita ttg sejarah para wali songo termasuk kisah org suci dari bayat (snn bayat) terkumpulnya catatan beliau ini ttg kisah sejarah wali ini ada di kitab yg dibukukan oleh pangeran wangsakerta dari cirebon

90. M. Fahmi Kalis Winarto, SE. - Agustus 25, 2012

Klo njenengan (Bani Kyai R. Moh Kasiman) keturunan dari Kyai R. Ta’lim… Kami adalah keturunan dari Kyai R.Witono (Kalangbret Tulungagung). Trims Fahmi di Malang JATIM 0341-81.000.45 / 0858.5545.5545 / 081.217.099.045 / 081.805.145.345 ato pin BB 277E9905

91. adri ardiansjah - Oktober 15, 2012

apakah keturunan msh ada hubungan dengan Ratu Tulungayu istri dr Panembahan Hanyakrowati, kl ada tolong beritahu ya. Thanks y x

92. syaf' - Oktober 20, 2012

saa pernah dengar keturunan sunan tembayat ada juga yang di daerah kendal. bagi sesiapa yang tau tentang silsilah anak cucu sunan tembayat didaerah kendal jawa tengah, mohon saya dikasih informasinya. terima kasih banyak kepada pemberi maklumat nanti.

93. abdul haris bin nawi - Oktober 28, 2012

Nama saya abdul haris bin nawi bin hj saleh bin kromo karyo bin ………. bin musytari. Mengikut cerita orang tua saya adalah keturunan mbah bayat @ sunan bayat @ wali tempe. Saya adlah orang malaysia dan keturunan saya berasal dari pernorogo. Mo
on kaji salasilah i ni sekiranya benar. Ingin sekali ketemu dengan keturunan asal saya. Dan ingin sekali saya melawat makam leluhur saya. Mohon bantuan.

94. Dorojati Bintoro - November 3, 2012

Asss.Mohon maaf kalo emang benar salah satu leluhur panjenengan adalah Ki ageng witono, masjid tiban kambret kauman tulung agung maka kita adalah keluarga. Saya keturunan dari Ki Ageng Witono jalur Ki Gembrang Serang>Hasan Rifa’i>R.H.M.Sholeh>Hasan Sanadi+Munthoqinah>Mangunasri+Maijah>Sukadi+Suyati………sampai kpd Endang Maryatipujiningsih(Ibu-saya)alamat email saya dorojatibintoro@yahoo.co.id kami juga berniat untuk menelusuri jejak keluarga, biar tidak kepaten obor,adapun keterangan silsilah keatas yang saya dapat dari kakek saya bahwa Ki Ageng Witono ( Ki Ageng Imam Witono /Syaik Ghozali ) adalah putra mantu dari Ki Donopuri > Ki Singo Noyo > Ki Noyo Semanding > Raden Wongso > Pangeran Ragil Kuning ( Ponorogo ) > Ki Ageng Panembahan Sunan Tembayat / Ki Pandan Arang. Wasss

95. IBNU HIZAM - November 7, 2012

Kakek saya RM Prawirosudirdjo menikah dengan RA Sumirah, dulu berdiam di Pakis Malang, Mempunyai 8 anak, diantaranya orang tua saya RM Sambodo, sedangkan saya IBNU HIZAM (ibnu_hizam@yahoo.com) saat ini saya lagi mencari alur keatas kakek saya, terima kasih.

96. Cah Mumet - Desember 9, 2012

apakah keturunan sunan tembayat ada yang dimakamkan di notorejo gondang tulungagung?
soalnya aku dlu pernah lhat silsilah bahwa syeh
jauhari mahmud notorejo masih keturunan sunan tembayat…

97. yusya - Februari 12, 2013

tuk mas wawan kalo bisa sms ke saya mengenai silsilah keluarga, mungkin bisa di bantu, karena ortu bilang saya ada keturunan dari bayat, kakek buyut2 ada yg nama mangun dok(kediri) kompol, joyoprawiro, dll hub saya mas di 081234238781 maaf baru bisa balas

98. Sukatno - Mei 26, 2013

Ass.perkenalkan namaku sukatno eyang buyutku raden sono+nyai sani slahung ponorogo.tolong dibantu apakah ada trah kyai tembayat.maturnuwum wasalam

99. Nanang - Mei 27, 2013

saya juga lagi mencari silsilah keturunan sunan tembayat,kakek saya namanya sukasman suryo sudirjo berasal dari kepatihan jogja,alhmarhum bpk sy pernah bilang klo keluarga besarnya msh keturunan sunan tembayat,almarhum kakek sy dulu bekerja di PT K ereta Api Indonesia,kakek sy di makamkan di bergota semarang,mohon infonya keturunan sunan tembayat yg ada di jogja,,,,,ini no hp sy 082133171539 atau pin BB 29D8D207 matur suwun

100. feri - Juni 1, 2013

assalamu alaikum

saya keluarga dari gading ponorogo
salam persaudaraan

wassalamu alaikum

101. sapta - Juni 13, 2013

ass wr wb
senada dengan pertanyaan no 22 di atas
kami mendapat silsilah (bentuk fotocopy) dari yg mengatasnamakan keturunan Sunan Tembayat yg berasal dari jombang ( tempat kelahiran ayah dan ibu saya) adapun silsilah adalah sbb:

Sunan Tembayat => Kyai Ubaidillah => Kyai Syafidullah => Kyai Qowiyullah =>Kyai Abdul Malik => Kyai Musa => Kyai Abdul Karim => Kyai Ismail => Senen => Karlan (ayah saya)

Mohon penjelasan

N.Sapta Widodo
saptawede@gmail.com

102. ian - Juni 15, 2013

Assalammu’alaikum Warrakhmatullahi Wabarakatuh… Nenek saya bernama Suti’ah, putri dari Mbah Moeshadi, berasal dari Srengat Blitar. Apa ada silsilah keturunan dari RM Kasiman ataupun Sunan Tembayat??? Karena konon kata adik nenek saya, kita merupakan keturunan dari Sunan Tembayat. Tapi sudah sulit untuk menelusurinya… Dan mohon ma’af, saya mau bertanya, siapa yang pernah mendapat julukan “Maling Cluring”???
Atas informasinya, saya mengucapkan Terima Kasih…

103. Himawan - Juli 16, 2013

Alhamdulillah lebaran tahun kemarin saya ziarah kemakam nenek dan Kakek/nenek buyut saya dikomplek pemakaman mbah Witono di Kauman, Kalangbret, Tulungagung. Ternyata nama kakek buyut saya adalah Mudjtahid yang dulu adalah Naib Gondang.

104. khoirul solikhin - Juli 16, 2013

apakah ada hubungan dengan mbah hasan anom asy ari di dusun kalituri waung boyolangu? katanya beliau juga masih keturunan sunan pandanaran?

105. Arief - Juli 17, 2013

Asalamualaikum
Menurut pakdhe saya.. Saya ini keturunan sunan bayat.. Rumah pakdhe saya di daerah kupuk desa bungkal ponorogo.. Apa benar dulunya ada keturunan sunan bayat yang tinggal di daerah ini.. Saya jg lum tw dr keturunan siapa dan generasi keberapa… Dan stlah saya bca komentar dulur2 smwny ada yg mengatakan kalo kturunan sunan bayak di salah satu dari 10 jariny ada yg memiliki garis.. Dan itu persis sma yg diceritakan pakdhe saya

106. SAYYID GUNAWAN ALFAQIR bin KASDAN ALKAJORANI BIN SYECH ABDURAHMAN - Agustus 11, 2013

dalam catatan sejarawan belanda HJ De Graff, pangeran kajoran adalah bagian dari anak keturunan sunan bayat??? manuskrip kuno catatan silsilah sunan bayat lenyap pd saat pemberontakan/geger bayat dijaman raja sultan agung hanyokrokusomo (1613-1645), menurt penelusuran yg kami lakukan sebagian keturunan sunan bayat memang berpindah ke jawa timu (ponorogo),karena daerah ponorogo dimasa geger bayat 1640 M adalah daerah yang pemimpinnya/adipatinya masih terikat persaudaraan dengan trah bayat melalui pangeran joyorogo anak panembahan senopati dengan putri kajoran yang juga meliliki sambungan nasab ke raden batoro katong bupati pertama ponorogo,kami tertarik menelusuri sejarah dengan acuan bukti sejarah/prasasti/catatan kuno/manuskrip yang kami miliki peninggalan leluhur kami pangeran kajoran,yang leluhurnya panembahan agung kajoran 1/sayyid kalkum juga diceritakan merupakan menantu sunan tembayat sekaligus juga menantu penguasa ponorogo masa itu(demak) raden batoro katong!!!

107. dzaky - September 17, 2013

Asalamualaikum…
mas, bisa dijelasin juga nggk tentang turunannya sunan Bayat yang ada di tulungagung…
soalnya kakek saya bilang masih ada turunan dari sunan Tembayat…
terimakasihh

108. dzaky - September 17, 2013

Asalamualaikum…
mas, bisa dijelasin juga nggk tentang turunannya sunan Bayat yang ada di tulungagung…
soalnya kakek bilang kalo nenek saya masih ada turunan dari sunan Tembayat…
kakek dan nenek ada di Tulungagung di karangrejo, namanya hj. Siti Aisyah…
terimakasihh

109. dzaky - September 17, 2013

Asalamualaikum…
mas, bisa dijelasin juga nggk tentang turunannya sunan Bayat yang ada di tulungagung…
soalnya kakek bilang kalo nenek saya masih ada turunan dari sunan Tembayat…
kakek dan nenek ada di Tulungagung di karangrejo, namanya hj. Siti Aisyah…
terimakasihh

110. ctn - September 18, 2013

silsilah sunan ada gak ya?

111. ctn - September 18, 2013

tgl 6 kemaren saudara sy ke tembayat mencari silsilah buyut kami dan menemukan rososilah yg seperti seperti berikut. TEMBAYAT- PANEMBAHAN JIWO -MENANG KABO-( ada 7 anak=1. winongan 2. masjid wetan 3.sumendi 4. R.A WONGSODIPO + MARTOPURO adipati jepara 5. wongso aryo 6.panengah 7. wiragil)- R.A WONGSODIPO + MARTOPURO (ada anak 7 = 1. sodjonopuro adipati jepara 2. jogo manggolo 3. WIRO GATI 4. tanu manggolo 5. wongso prono 6. himo rekso 7 wiro mantri) kami dari keluarga WIRO GATI blitar. mungkin ada yg tahu saudara buyut sy tolong infonya

112. cank ton - September 18, 2013

Tembayat lahir panembahan jiwo lahir panembahan menang kabu lahir r.a wongsodipo lahir ngabehi wiro gati lahir ngabehi djowongso lahir ngabehi sopuro lahir r.a nawiyah lahir r.a hartini lahir r martono

113. cholis wahab - Oktober 13, 2013

selamat untuk semua saja saudara yg masih memiliki garis keturunan dari sunan tembayat, semoga lekas bisa mengadakan pertemuan pertama dgn membawa catatan masing, tidak peduli itu sangat sederhana, di kantor yayasan krm kasiman, utara masjid agung/jami’ kauman kota blitar, sebelum terlambat. saya hanya salah satu anak turun keluarga yg miskin tetapi sangat menginginkan adanya keluarbiasaan di keluarga ini.

114. cholis wahab - Desember 16, 2013

krm kasiman> imam moestari> woerjan> sapoerah> siti wasini> moe’asar> cholis wahab. salah seorang kakak saya, untung nurdjihad(alm), memiliki tanda garis di tangan itu. sebelumnya kami tidak mengerti apa-apa tentang hal-hal seperti itu. namun suatu ketika, mas nur yg perangkat desa berbincang dengan tetangga, mbah sumatra, di warung depan kantor kelurahan wlingi blitar…. tiba-tiba mbah sumatra menunjuk jari tangan mas nur, dan berkata: “pak nur, tangan njenengan itu kan ada tanda masih keturunan eyang bathoro katong”. wah, yg benar bathoro katong atau sunan tembayat ya? atau kedua-duanya?

115. cholis wahab - Desember 16, 2013

REFORMASI BESAR TATA NEGARA BARU KONSEP MAKRO SWALAYAN
(Dalam laku zuhud;heneng-hening-henung, 11 September1997)

1.PENYELAMATAN ASET NEGARA & RAKYAT
2.HUKUM SEMENTARA MASA PERALIHAN
3.GERBANG KEAMANAN & TRANSPORTASI BARU ERA SWALAYAN
4.SARANA-PRASARANA MENUJU NEGARA BARU SWALAYAN
5.ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN SUPER SWALAYAN
6.PROFESIONALISASI KEPEGAWAIAN NEGARA BARU
7.TRANSPARANSI BIROKRASI & KEUANGAN BARU ERA SWALAYAN
8.TATA PERDAGANGAN & TATA KOTA DUNIA SWALAYAN
9.METROPOLITANISASI WILAYAH PEDESAAN
10.SISTEM SOSIOEKONOMI SANDANG PANGAN PAPAN RAKYAT
11.SENI BUDAYA & PRESTASI BUDAYA GENERASI SWALAYAN
12.PENDIDIKAN BARU BERBASIS SOSIOGEOGRAFI
13.SOSIAL POLITIK ERA SWALAYAN (NONPARPOL)
14.HUKUM MIZAN NEGERI BARU
15.REVITALISASI SUMBER DAYA ALAM
16.SAINS & TEKNOLOGI BARU PENDUKUNG REFORMASI
17.PENYEMPURNA ERA BARU SWALAYAN
18.DLL BERKESINAMBUNGAN

Reformasi Penyempurna Hukum Islam & Dasar Pancasila Menuju Dunia Baru Aman Tentram Menembus Ruang & Waktu Abad ke Depan.

Tata Laksana Toko Modern Swalayan Adalah Obat Mujarab Kiriman Tuhan Pengganti Toko Tradisional. Mohon Jangan Melihat Dari Sisi Keberadaan Pasar Modern Menggusur Pasar Tradisional. Jangan Berkecil Hati, Saya Juga Dibesarkan di Lingkungan Pasar Lama Wlingi yang Penuh Kenangan. Namun Amanat Tuhan Patut Dijunjung Tinggi. Tuhan Mengibaratkan Negara Bagaikan Toko.

Permasalahan Dunia Saat Ini Adalah Berlakunya Pemerintahan Kisra(Persia) & Kaisar(Romawi) ke Dalam Sistem Pemerintahan Hampir Seluruh Negara di Dunia.

Bukankah di Toko Tradisional Masih Terjadi Bagaimana Sang Pemilik Bisa Berlaku Bagaikan Sang Raja? Bahkan Para Pramuniaga Bisa Semena-mena Melebihi Sang Raja? Wujud & Tatanan Barang Tidak Rapi. Mutu & Harga Barang pun Jelas. Semua Itu Bisa Menciptakan Kondisi Transaksi & Korupsi.

Sementara, Tata Laksana Swalayan Menggambarkan Tata Cara Birokrasi & Pelayanan yang Transparan, Rapi, Indah, Adil & Islami. Falsafah Ini Saya Sadari & Pelajari Pertama Kali Pada 31 Mei 1999 Dengan Bermacam Bukti, Saya Persembahkan Khusus Untuk Para Leluhur Tercinta Sebagai Nasab Saya Terlahir di Negeri Ini. Juga Untuk Kita Semua. Aamiin.

Welinge, 16 Desember 2013

(Pitik Agung, Pencatat Mimpi)

116. ramanda - Desember 20, 2013

Iwan Mahmoed Al Fattah
ARYA DILLAH AZMATKHAN/ARYA DAMAR- PENGUASA PALEMBANG YANG LEGENDARIS, SALAH SATU NASAB YANG JUGA DIRUSAK OLEH TANGAN-TANGAN JAHIL

Tidak banyak yang tahu jika Arya Dillah ini adalah seorang Azmatkhan tulen…. Orang Palembangpun sampai sekarang masih kebingungan melacak nasab dari tokoh Palembang ini. Beberapa sejarawan Palembang bahkan sangat kebingungan melacak asal usul tokoh yang satu ini. Paling-paling yang diketahui dari sosok Ulama besar ini adalah bahwa Arya Dillah berasal dari Majapahit dan ayahnya adalah Brawijaya 5. Kepercayaan bahwa Arya Dillah keturunan majapahit tulen sampai sekarang sangat melekat kuat dimata sejarawan dan sebagian masyarakat Palembang. Masih banyak sampai sekarang orang yang mengambil sumber sejarah dari babad bali dan babad tanah jawa mengenai sejarah Arya Dillah dan juga Raden Fattah.

Benarkah Arya Dillah asli keturunan Majapahit?

Berdasarkan catatan lama As-Sayyid Bahruddin Azmatkhan & As-Sayyid Shohibul Faroji diketahui bahwa leluhur Arya Dillah adalah seorang Azmatkhan tulen!! Artinya Arya Dillah adalah seorang Sayyid atau Ahlul Bait Rasululllah SAW…

Informasi Arya Dillah sebagai Azmatkhan baru dibuka oleh Pemilik KItab Nasab Al Mausuu’ah Li Ansaabi Al Imam Al Husaini sebulan yang lalu. Adanya data nasab bahwa Arya Dillah adalah seorang Sayyid membuktikan jika Palembang sudah lebih awal dimasuki oleh keluarga besar Azmatkhan. Fakta bahwa Arya Dillah adalah seorang Sayyid lagi-lagi menggugurkan keterangan sejarah yang mengatakan bahwa Arya Dillah adalah anak Brawijaya 5. Sangat tidak mungkin jika Arya Dillah anak Brawijaya 5 dan Raden Fattah adalah adiknya. Mana mungkin Arya Dillah menikah dengan mantan ibu tirinya, apalagi disertai keterangan bahwa ibu Raden Fattah dalam keadaan hamil…. mana ada ajaran Islam seperti itu, memangnya seluruh Walisongo diam melihat kesesatan pernikahan model begini…Cerita aneh yang jelas sangat merendahkan martabat seorang Arya Dillah dan istrinya itu. Kalau masih ada orang yang percaya dengan cerita, berarti logika sejarahnya sangat memprihatinkan….

Apakah kita tidak berfikir dengan adanya pernikahan ini maka rusaklah silsilah atau nasab yang ada pada mereka. Bagaimana posisi Raden Fattah, mau manggil apa dia sama Arya Dillah? kakak atau ayah? pernikahan versi babad bali dan cerita majapahit ini jelas sangat merusak dan mendeskriditkan sosok Arya Dillah dan Raden Fattah…Apakah mungkin Arya Dillah mau menikah dengan cara yang batil dan haram ini menurut versi babad bai atau babad tanah jawa ini..

Tidak benar juga jika Arya Dillah ini berasal dari cerita legenda yang dhubungkan dengan tokoh raksasa, rendah sekali kalau begitu sosok seorang Arya Dillah. Arya Dillah/Arya Damar adalah tokoh nyata dan salah satu penyebar agama Islam yang legendaris bersamaan dengan eranya waliosongo. Dan tidak benar jika Arya Dillah dikatakan sebagai seorang Mualaf yang berasal dari Majapahit atau Bali. Arya Dillah bukan Mualaf karena leluhurnya adalah Sayyid Abdul Malik Azmatkhan, dan nama aslinya memang Abdullah, sedangkan Arya Damar adalah gelar kebangsawananya. Jadi jangan dibalik kalau Arya Dillah justru nama julukan, Arya Dilllah/atau Sultan Abdullah Azmatkhan adalah nama Asli. Cerita Arya Dillah atau Arya Damar versi Babad Bali dan Majapahit adalah cerita menyesatkan dan tidak bisa dipercaya, karena babad babad itu dibuat bukan oleh orang Islam apalagi dibuat oleh ulama. Jelas Babad Bali adalah kitab sejarah yang menyesatkan, apalagi kitab ini tidak ada nama penyusun dan pengarangnya…

Dalam hal pernikahan Arya Dillah dengan Syarifah Zaenab (ibu Raden Fattah) Yang benar adalah bahwa pernikahan antara Arya Dillah dengan ibu Raden Fattah dilakukan secara normal, suci dan sesuai dengan syariah Islam dan sesuai dengan cara kafa’ah. Jadi wajarlah jika suatu saat ibu Raden Fattah yang bernama Syarifah Zaenab binti IBrahim Asmorokondi itu menikah dengan Arya Dillah atau Sayyid Abdullah Azmatkhan ini…pernikahan ini melahirkan Raden Husein atau Adipati Pecat Tanda Terung.

Jadi kesimpulannya Raden Husein dan ayahnya Arya Dillah Azmatkhan dan keturunannya adalah Azmatkhan…

117. aryo bayat - Februari 27, 2014

saya ikut bangga dan juga terharu jikalau anak keturunan kanjeng eyang sunan pandhanaran masih bisa bertemu dan ber kumpul walaupun tidak bertemu secara langsung, tapi jalinan ikatan batin kita semua tidak akan sirna, kalaupun ada kesempatan ke bayat saya tunggu di kaki gunung jabalkat. silahkan mampir……………..

118. Wiludan - Maret 15, 2014

saya itu kalo bicara silsilah mumet,… karena silsilah itukan biasanya patrialkhat atau matrinialkhat,….dari ayah saya, saya dapat cerita, bapaknya ayah saya punya bapak[buyut lk] masih turunan sunan mbayat,…. beliau saya kejar sampai nama-nama itu disebut runtut ke atas[ sayang tidak saya rekam] tp ketika saya tunjukkan sebuah postingan bahwasanya sunan mbayat itu azmatkhan beliau diam,… dari buyut pi[dr jalur ibu mbahkung],…. masih ada jalur Joko Tingkir dan ini ada bukunya, cuman buku sarasilah itu oleh Kyai Bakri Tanen Rjotangan, dimusnahkan katanya marai gumedhe,…. dari jalur mbok mbah [ibu ayah] ada kisah lagi,…. buyut pa [bani karso kromo] masih ada jalur ke Ki ageng Selo,…. ketika kecil saya pernah mengamalkan mantra bila ada petir-yang ditulis di majalah jayabaya- [gandrik aja nyamber aku, aku iki putune ki ageng sela] ayah saya tertawa dan bilang “kamu memang cucunya,…. sedang buyut pi cucu dari mbah Ahmad Dariman salah satu cikal bakal desa Tanen,… yang konon adalah salahsatu tentara diponegara dan rumornya masih keponakannya,….. salahsatu mantu misan mbah Ahmad Dariman adalah mbah Jayadi Lurah desa Tanen adalah turunan pelarian keluarga Kraton [ndak tahu njogja apa surokarto] dalam pelariannya masih sempat membawa pedang antu bergagang kuningan yang biasanya digunakan dalam upacara-upacara ,…. dr cerita pak cilik saya juga ada tanda kuku pecah sebagai tanda turunan Mentaram,….. pak cilik ada di jempolnya, saya punya di jari tengah, istri saya yang cucu buyut seorang pepatih kraton solo punya di jari kaki, lha tapi dua saudara saya, ibu saya, dan bapak saya koq ndak punya,…. dan akhirnya daripada mumet masalah nasab,…. hehehhe,… la tuthowiluw bi nashabin,…. nggak usah mikir panjang saya ini adalh anak cucu Adam gitu aja,….

119. Arif Muzayin Shofwan - Mei 10, 2014

Ingin info Keluarga Sunan Tembayat jalur Mbah Sya’ban Srengat Blitar? 085649706399

120. Arif Muzayin Shofwan - Mei 10, 2014

Kyai Sya’ban putra dari Kyai Ali Muntaha putra dari Kyai Nur Rahmatullah putra dari Kyai Witono….. dst sampai ke Sunan Tembayat

121. Nyai Ageng Kajoran - Mei 12, 2014

Sililah Asli Sunan Tembayat disimpan klrg kajoran …………krn panembahan agung kajoran menikah dgn dua org putri sunan tembayat ……..silsilah itu tersimpan rapi hingga srkg boleh buka di wall facebook sy sdh mulai saya unggah satu persatu utk meluruskn sejrah klrg tembayat yg kacau balau di internet…:

122. Nyai Ageng Kajoran - Mei 12, 2014

Sililah Asli Sunan Tembayat disimpan klrg kajoran …………krn panembahan agung kajoran menikah dgn dua org putri sunan tembayat ……..silsilah itu tersimpan rapi hingga srkg boleh buka di wall facebook sy sdh mulai saya unggah satu persatu utk meluruskn sejrah klrg tembayat yg kacau balau di internet…:

123. Nyai Ageng Kajoran - Mei 12, 2014

Ini Silsilah Mbah Semendi keturunan Sunan tembayat ….bila yg butuh info boleh buka link sy atw inbox saya langsung via fb or tlpn 087769914000…..salam ukhuwah utk semuanya

Pangeran Sumendi adalah cucu pancer laki laki dari Sunan Tembayat. Di silsilah klrg tembayat sy ketemukan ada 6 nama Sumendi

Urutannya :
Sunan tembayat _ Panembahan Jiwo _ Panembahan Minangkabau _ Panembahan Masjid Wetan _ Pangeran Sumendi _ Pangeran Sumendi II _ Pangeran Sumendi Gede Wekasan _ Pangeran Sumendi Tangiyani

Anak Pangeran Sumendi I ada dua yg satunya :

Raden Dipowijo _ Raden Ronggokusumo _ Raden Sumendi Wiryodiningrat. _ Raden Sumendi Wiryodiningrat II —

124. Nyai Ageng Kajoran - Mei 12, 2014

Banyak Distorsi sejarah, silsilah nasab maupun alur galur Keluarga Tembayat dan Keluarga Kajoran, berbekal Silsilah Asli turun temurun ini sy ingin meluruskan semua nya di dukung beberapa kitab dan serat karangan panembahan kajoran tahun 1677 di sadur ulng oleh padmosusastro tahun 1898…disadur ulang kembali oleh raden nganbehi tjandrapradanta tahun 1926. Afwan mohon koreksinya …………..salam.

SILSILAH KELUARGA KAJORAN DAN PERNIKAHANNYA DGN DUA ORG PUTRI SUNAN TEMBAYAT ( pamannya sendiri )

termasuk SILSILAH ASLI PANGERAN PUGER……….yang Soheh berdasarkan Petikan SERAT TJANDRAKANTA, DIHIMPUN OLEH RADEN NGANTEN TJANDRAPRADTA ( keluarga kajoran ) …………….thn 1926, ditulis dalam huruf jawa kuno………………..dan disadur dari serat yg lbh tua 100 thn diatas nya.

1. Syeikh Jumadil Qubro
2. Syeikh Maulana Malik Ibrahim Asmara
3. Syeikh Ngampel Denta Surabaya
4. Syeikh Kambyah / Pangeran Tumapel
berputra :

a. Sunan Pandanaran ( di makam kan di Tembayat )
b. Adipati Semarang II
c. Nyai Ageng Ngilir I ( Semarang )
d. Pangeran Bojong ( Semarang )
e. Pangeran Wotgaleh / Sayyid Kalkun Wotgaleh >>>>>>> menurunkan klg Kajoran dan Raja Raja Surakarta

>>>>>>>>> Pangeran Wotgaleh / Sayyid Kalkun di makam kan di ponorogo……………………..berputra :

a. Pangeran Maulana Mas / Panembahan Agung Kajoran
( menikah dgn dua org putri Sunan Pandanaran, pamannya sendiri dan hidup di abad 15 )

b. Pangeran Sawo menikah dengan Kandjeng Nyai Ageng ing Sawo putra Giri Gajah dari Gresik.

>>>>>>>>>>>>>>>>> Pangeran Maulana Mas / Panembahan Agung Kajoran berputra :

a. Raden Ayu Tumenggung Sindusena menikah dengan Kanjeng Pangeran Sindusena Putra dlem Pr Wijaya dari Pajang

b. Raden Ayu Mataram menikah dgn Panembahan Senopati Mataram ( merupa kan cikal bakal kerajaan Mataram )

c. Raden Ayu Surasa menikah dgn Panembhan Purbaya

d. Pangeran Kawak

e. Pangeran Samsul

f. Pangeran Kalesan

g. Pangeran Mahos

i. Pangeran Sawaka II

j. Pangeran Turus

k. Pangeran Welang

l. Pangeran Malambang

m. Raden Ayu Timur

C. Rden Ayu Surasa menikah dgn Panembahan Purbaya berputra :

1. Pangeran Raden menikah dgn Raden Ayu Wanacipta putri Pn Senopati

2. Raden Ayu Panembahan Purbaya menikah dgn Panembahan Purbaya I

3. Raden Ayu Minangkabau menikah dengan Panembahan Minangkabau ing Tembayat

4. Raden Buto Ijo

5. Raden Ayu Dagen

6 Rden Ayu Srenggan

7. Raden Pulang Jiwo

8. Raden Sumajiwa

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

1. Pangeran Raden ing Kajoran berputra :

a. Raden Ayu Panembahan Raden menikah dgn Kanjeng Panembahan Raden bin Pangeran Mas adipati pajang

b. Raden Ayu Panembahan Purbaya menikah dgn Panembahan Purbaya II Mataram meninggal 1676

c. PANEMBAHAN ROMO AMBALIK / PANGERAN KAJORAN yg meninggal di penggal Amangkurat I tahun 1679 dlm Pemberontakan Turnojoyo

4. Pangeran Arya Panular ( tempat PANEMBAHAN GIRI LAYA SULTAN CIREBON dan anak anak nya di sekap dan di bebas kan oleh Sultan Ageng Tirtayasa )

5. Raden Bapang

6. Pangeran Secaki

terusan kebawahnya :

a. Raden Ayu Panembahan Raden menikah dgn Kanjeng Panembahan Raden bin PANGERAN MAS ADIPATI PAJANG berputra :

a. Pangeran Ramawijya

b. Raden Ayu Panembahan Purbaya III menikah dengan Panembahan Purbaya III putra Sultan Agung

a. Ratu Kilen menikah dgn Amangkurat IV ( saudara pangeran puger )

b. Pangeran Riyamenggala di makam kan di kajoran klaten

c. Pangeran Arya Wiramenggala ( Menantu dari Amangkurat I )

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Raden Ayu Panembahan Purbaya yg menikah dgn Panembahan Purbaya II gugur thn 1676 berputra :

Pangeran Tg. Mataram / Pnembahan Purbaya IV menikah dgn Putri klrg Kajoran Ambalik alias Panembahan Romo Kajoran dan berputra :

a. Pangeran Tumenggung Purbakusuma bertahta di Kasunanan Surakarta sda

b. Raden Ayu Purbanagara

c. Raden Ayu Purbayudha

dan seterusnya……………………………………………………………………………….

catatan :

Catatan tambahan :

Silsilah :

. Panembahan Agung Kajoran / Pangeran Maulana Mas ( abad 15 )

. Sayyid Kalkun Wotgaleh ( makam di Ponorogo beliau adik dari Sunan Tembayat )

. Pangeran Tumapel / Syeikh Kambyah

Sunan Ampel @ Raden Rahmat @ Sayyid Ahmad Rahmatillah bin

Maulana Malik Ibrahim @ Ibrahim Asmoro bin

.Sayyid Syaikh Jumadil Qubro (Jamaluddin Akbar Al-Khan) bin

.Sayyid Ahmad Shah Jalal (Ahmad Jalaludin Al-Khan) bin

.Sayyid Abdullah Al-’Azhomatu Khan bin

.Sayyid Amir ‘Abdul Malik Al-Muhajir (Nasrabad,India) bin

.Sayyid Alawi Ammil Faqih (Hadhramaut) bin

.Sayyid Muhammad Sohib Mirbath (Hadhramaut) bin

.Sayyid Ali Kholi’ Qosim bin

.Sayyid Alawi Ats-Tsani bin
.Sayyid Muhammad Sohibus Saumi’ah bin
.Sayyid Alawi Awwal bin

.Sayyid Al-Imam ‘Ubaidillah bin

.Sayyid Ahmad al-Muhajir bin

.Sayyid ‘Isa Naqib Ar-Rumi bin

.Sayyid Muhammad An-Naqib bin

.Sayyid Al-Imam Ali Uradhi bin

.Sayyidina Ja’far As-Sodiq bin

.Sayyidina Muhammad Al Baqir bin

.Sayyidina ‘Ali Zainal ‘Abidin bin

.Al-Imam Sayyidina Hussain
Al-Husain putera Ali bin Abu Tholib dan

. Fatimah Az-Zahro binti Muhammad Rasulullah.

Jadi, Sunan Ampel memiliki darah Uzbekistan dan Champa dari sebelah ibu. Tetapi dari ayah leluhur mereka adalah keturunan langsung dari Ahmad al-Muhajir, Hadhramaut. Bermakna mereka termasuk keluarga besar Saadah BaAlawi.

data asli silsilah silahkan buka di wall fb saya …..:

125. Nyai Ageng Kajoran - Mei 12, 2014

Silsilah lengkap keluarga Sunan Tembayat termasuk didalam nya adalah Pangeran Semendi ………cucu pancer sunan tembayat. sedang salah satu putri sunan tembayat bernama Raden Ayu Winongan menikah dgn Pangeran Winongan makam nya di Pasuruan, Jawa Timur.

126. Nyai Ageng Kajoran - Mei 14, 2014

Ini Silsilah Mbah Semendi keturunan Sunan tembayat ….bila yg butuh info boleh buka link sy atw inbox saya langsung via fb or tlpn 087769914000…..salam ukhuwah utk semuanya

Pangeran Sumendi adalah cucu pancer laki laki dari Sunan Tembayat. Di silsilah klrg tembayat sy ketemukan ada 6 nama Sumendi

Urutannya :
Sunan tembayat _ Panembahan Jiwo _ Panembahan Minangkabau _ Panembahan Masjid Wetan _ Pangeran Sumendi _ Pangeran Sumendi II _ Pangeran Sumendi Gede Wekasan _ Pangeran Sumendi Tangiyani

Anak Pangeran Sumendi I ada dua yg satunya :

Raden Dipowijo _ Raden Ronggokusumo _ Raden Sumendi Wiryodiningrat. _ Raden Sumendi Wiryodiningrat II —

127. Nyai Ageng Kajoran - Mei 14, 2014

Ini Silsilah Mbah Semendi keturunan Sunan tembayat ….bila yg butuh info boleh buka link sy atw inbox saya langsung via fb or tlpn 087769914000…..salam ukhuwah utk semuanya

Pangeran Sumendi adalah cucu pancer laki laki dari Sunan Tembayat. Di silsilah klrg tembayat sy ketemukan ada 6 nama Sumendi

Urutannya :
Sunan tembayat _ Panembahan Jiwo _ Panembahan Minangkabau _ Panembahan Masjid Wetan _ Pangeran Sumendi _ Pangeran Sumendi II _ Pangeran Sumendi Gede Wekasan _ Pangeran Sumendi Tangiyani

Anak Pangeran Sumendi I ada dua yg satunya :

Raden Dipowijo _ Raden Ronggokusumo _ Raden Sumendi Wiryodiningrat. _ Raden Sumendi Wiryodiningrat II —

128. Nyai Ageng Kajoran - Mei 14, 2014

Ini Makam Pangeran Semendi / Raden Sumendi I di Kompleks Pemakaman Tembayat ………..satu makam dgn Sultan Cirebon ayahnda dari Mbah Ratu Ayu Ibu Bangil Pasuruan …………………..Raden Sumendi /Semendi I berbesan dgn Mbah Ratu Ayu Ibu Bangil Pasuruan.

129. Nyai Ageng Kajoran - Mei 14, 2014

Garis tertua klrg Sumendi / Semendi adalah Sunan Tembayat :

130. Nyai Ageng Kajoran - Mei 14, 2014

Makam Raden Sumendi I / Pangeran Semendi cucu Sunan Tembayat…………………:

131. Nyai Ageng Kajoran - Mei 14, 2014

Makam Sultan Cirebon ayahnda Mbah Ratu Ayu Ibu Bangil Pasuruan yg berbesan dgn Mbah Soleh Semendi …../ Raden Semendi ….

132. Arif Muzayin Shofwan - Mei 22, 2014

Di Blitar juga ada banyak keturunan dari Raden Ngabehi Wirogati (keturunan Sunan Tembayat) ke-6 di Jatimalang, dekat makam Bung Karno Kota Blitar… Minat info ini, hub: KYAI JAWOKO 085746048428

133. Arif Muzayin Shofwan - Mei 22, 2014

Untuk keturunan Sunan Tembayat jalur dari Mbah Kyai Ageng Mangun Masjid Tiban Al-Istimrar Witono-Kalambret-Tulungagung, bisa menghubungi GUS AHMAD WARDANA PURWOKERTO, SRENGAT, BLITAR. HP: 085731044353

134. srimah - Juli 4, 2014

assalamualaikum nama saya srimah tinggal di jakarta . maaf saya hanya seorang anak yang ingin mencari silsilah keluarga ayah saya. siapa tw saya dapat menemukannya di sini . jika tidak ada ya tidak apap2 yang penting saya telah berusaha . saya belum pernah pergi ke gunung jabalakat tapi almarhum ayah saya selalu pergi kesana untuk berziarah. nama ayah saya adalah Robbijo Soemarno beliau pernah bekerja sebagai TNI di yonkav 1 cijantung jakarta sebagai sipil pasukan cadangan namun beliau mengundurkan diri Tapi temen se litingan ayah pernah bilang nama ayah saya itu bukan nama sebenarnya saya jadi bingung. saya tidak tahu apakah ada hubungan antara ayah saya dengan keturunan sunan bayat, karena setiap saya tanya tentang silsilah keturunan beliau, beliau selalu marah seakan menutupi hingga kini saya tidak tahu siapa sanak saudara, kakek ataupun nenek dari ayah namanya pun saya tidak tahu. sebelum almarhum ayah saya wafat tepatnya 2 bulan sebelumnya beliau ingin mengajak kami sekeluarga ke bayat untuk berziarah karena kondisi keuangan kita tidak jadi pergi. tapi sepanjang hidup beliau, beliau selalu bercerita tentang keraton surakarta, jogya bahkan dalam doa beliau selalu menyebut nama syeh abdul qodir , abdul wahab, dan lain2 dan jika di tanya beliau bungkam, satu lagi pada jari kuku ayah saya sebelah kanan ada yang pecah tapi kami anak2nya tidak memiliki itu. dan pernah juga beliau berkata bahwa kami anak2ny masih ada keturunan entah dr mana saya tidak jelas pada suwaktu kami kecil adik laki2 saya sewaktu lulus SD pernah mau di kirim ke bayat adik saya di suruh tinggal di bayat katanya akan di titipkan pada kiai yang jadi juru kunci di sana yang tinggal di belakang masjid di bawah bukit jabalkat yang konon beliau katakan sebagai kerabat tapi ibu saya melarang akhirnya tak jadi dan pernah juga beliau katakan klau saya pandai mengaji dan mau berdandan seperti wanita( saya ini tomboy) mau pakai jarit / kain akan di titipkan di rumah bude di klaten, beliau katakan bahwa bude saya itu pandai dalam menari jawa dan membatik serta punya banyak anak buah untuk membatik saya juga tak tahu kebenaranya karena tidak di beritahu namanya dan sampai akhir hidupny ayah saya tidak pernah mengajak saya ke kampungnya yang katanya di daerah bayat klaten. mungkin klo ada yang memiliki info bisa tolong di beritahukan pada saya melalui email saya di srimahrima@yahoo.co.i
untuk semuanya terima kasih banyak.

135. H.Muhammad Isa (Eddy Prayitno) - Juli 9, 2014

ini silsilah saya baru dapat sebulan yg lalu dari sy almarhum kakek saya yg bernama R. Lamidjan R. Noyo Di Kromo bin Raden Shonto Joyo bin Raden Kerto Joyo bin Raden nur Salim bin Raden Nur Sodo bin Pangeran Fafak bin Pangeran Sumedi bin Pangeran kejoran bin k. Ihsan Nawawi (Sunan Bayat / Raden pandanaran) bin Azziz Abdullah bin Abdullah Ghazali bin Ghazali Ilyas bin Abdurrahman Karim bin Malik Mustafa bin Abdullah Alwi bin Sayyed Alwi Abdullah bin Utsman Karim bin Umar Abu Hasan bin Sayyed Ali Rahmad Abdullah bin Sayyed Alwi bin Hafidz Ilyas bin Ahmad Abdullah bin Muhammad Abdullah bin Sayyed Abdullah Shodiq bin Sayyed Hussen bin Ali bin Abhi thalib R.A. istri Ali adalah (Sayidatina Fatimah binti Rasulallah Muhammad S.A.W bin Abdulah. ini saja yg saya tau mohon di ferifikasi Allahuma Assalamu’alaika Ya Rasulallah S.A.W. H.Muhammad Isa (Eddy Prayitno) Dusun Badolan, Desa Bajulmati, Kec Wongsorejo, Kab Banyuwangi, Jatim no HP +6282236201573


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: